Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Lelah Dalam Bekerja Begini Cara Mengatasinya

Faktor Lelah Dalam Bekerja Begini Cara Mengatasinya

Bekerja secara terus-menerus memang melelahkan, namun kita dituntut dari atasan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Dari awal kita mulai bekerja ada semangat yang tinggi, namun beberapa waktu kemudian akan menjadi jenuh lalu ada rasa malas berangkat ke kantor. Bangun pagi-pagi terasa berat mengingat harus pergi ke kantor, rasanya ingin tidur seharian.

Sering telat datang ke kantor juga merupakan faktor kejenuhan untuk bekerja. Kemudian dalam bekerja, anda tidak teliti atau ada kesalahan dalam mengerjakan tugasnya. Rasanya membutuhkan refreshing yang begitu lama, tapi hari libur juga masih lama.

Tekenan kerja anda tidak terkendali, sehingga emosi anda mulai sensitif. Saat fokus bekerja dan tidak memperdulikan rekan yang lain. Pembicaraan yang hanya sekesar bercanda, anda menganggapnya dengan serius.

Menjelang 1 jam sebelum pulang, rasanya senang dan bersemangat menjauh dari kantor. Tidak mau kerjaan lembur, masih ada tugas yang belum terselesaikan dan ingin diselesaikan besok. Menunjukan anda sudah malas untuk menyelesaikan tugas yang sedikit lagi akan terselesaikan.

Menunda kerjaan besok juga salah satu ketidakpedulian anda terhadap tanggung jawab. Kehilangan inovasi dalam bekerja dan tidak ada ide lagi dalam bekerja. Karena ada tuntutan bekerja jadinya merasa lelah. pusing dan tidak bisa berpikir lagi.

Dari semua faktor yang membuat anda mulai malas bekerja, coba terapkan hal ini untuk mengatasinya:

1. Konsumsi Makanan

Bekerja membutuhkan stamina dan energi agar lebih semangat dan tidak merasa lelah. Mulai dari sarapan, makan siang, dan malam, harus dilakukan secara rutin. Jangan sampai anda tidak makan ketika bekerja, efeknya bisa tidak fokus dan cepat lelah.

Lalu jangan konsumsi makanan secara berlebihan ini akan cepat membuat anda merasa mengantuk. Pilih makanan yang kaya protein dan serat dengan porsi yang secukupnya.

2. Berolahraga

Sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menguatkan otot sendi dan meningkatkan aliran darah agar pada saat kerja nanti tidak merasa lelah. Baik untuk pernapasan anda, jantung, dan paru-paru jadi lebih efektif. Jangan memilih olahraga yang berat, pilihlah olahraga yang ringan seperti jogging, push up dan sebagainya. Sebelum bekerja, olahraga minimal 30 menit secara rutin.

3. Istirahat

Waktu tidur kamu tidak efektif sehingga pada saat di kantor merasa lelah dan mengantuk. Tidurlah pada waktu yang tepat untuk memulihkan energi anda setelah bekerja seharian. Kualitas tidur pada jamnya harus dilakukan secara rutin sehingga anda terbangun tepat waktu untuk berangkat bekerja.

Disaat siang hari, berikan waktu kamu untuk istirahat sejenak, 30 menit untuk makan siang, dan 30 menit tidur siang. Sesuaikan waktunya istirahat di kantor secara efektif setelah makan siang.

4. Minum Air

Sering sekali pada saat bekerja kehilangan konsentrasi karena dehidrasi dan tubuh menjadi malas bergerak. Sangat penting menyiapkan air putih saat bekerja agar dapat fokus kembali bekerja. Kemudian jangan terlalu sering meminum kemasan soda, tinggi kafein atau mengandung banyak gula. Biasakan minum air putih secara teratur dan efektif dalam bekerja.

5. Sering Lakukan Gerakan

Untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja adalah lakukan gerakan. Duduk didepan komputer saja bisa merasakan capek serta otot-otot tubuh terasa lemas. Anda bisa berdiri lalu berjalan sejenak di area kantor untuk menghilangkan rasa suntuk atau mengantuk. Lakukan secara efektif untuk membuat semangat kamu kembali lagi dalam bekerja.

Memang terkadang rasa lelah dalam bekerja cepat datang jika anda sudah melakukan segala cara. Biasanya ini bisa terjadi dari pekerjaan yang kamu jalani. Kondisi dari perusahaan yang sering berubah-ubah.

Tetap syukuri apa yang sudah kita miliki, selalu berdoa di dalam aktivitas bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sering merasakan lelah dalam bekerja. Terima kasih.