Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Sim Card Tidak Ada Jaringan

Mengatasi Sim Card Tidak Ada Jaringan

Secara mendadak ponsel kamu tidak ada jaringan, ada tanda silang atau sos. Lalu cuaca hujan jaringan tiba-tiba hilang, tidak ada sama sekali sinyalnya. Penyebabnya ini bisa saja kamu sedang berada diluar jangkuan, atau didalam ruangan seperti kamar.

Sudah berkali-kali restart handphone, sama saja tidak muncul jaringannya. Dibuat mode pesawat juga sama saja tidak ada sinyal sama sekali. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Lepas Sim Card

Bisa saja dari fisik simcardnya yang salah dalam penempatan slot ponselnya, bisa itu longgar atau kurang pas. Buka kembali sim cardnya, kamu lepas dahulu, dan cek apakah sudah sesuai dengan slotnya.

Bisa juga kamu coba dengan memindahkan simcardnya ini ke handphone lain, untuk mengetes apakah ponsel kamu yang bermasakah atau sim cardnya yang sudah rusak. Jika ada yang salah dari simcardnya, hubungi bagian operator provider tersebut.

2. Cek Pengaturan APN

Access Point Name atau APN merupakan koneksi data yang dikonfigurasikan jaringan seluler untuk disampaikan kepada operator. Setingan APN ini berpengaruh pada jaringan internet, jika ada kesalahan di setelannya, bisa berpengaruh jaringan error.

Pengaturan APN ini berbeda-beda dari perangkat android dan apple, tergantung juga provider yang dipakai. Setelan ini biasanya ada di pengaturan handphone, pilih kartu sim, jaringan seluler, lalu pilih APN.

3. Pencarian Jaringan Secara Manual

Jika tidak ada jaringan secara otomatis, coba untuk mencari jaringannya ini secara manual. Buka setelan handphone kamu, pilih kartu sim dan jaringan seluler, setelan kartu sim lalu pilih jaringan seluler.

Jika sudah kamu setting, lanjut pilih koneksi atau internetnya. Supaya jaringan terdeteksi, kami pilih operator dan klik select automatically. Otomatis ponsel kamu akan langsung mencari jaringan.

4. Hubungi Customer Service Provider

Jika kamu sudah mencoba langkah 1, 2 dan 3 masih tetap tidak muncul jaringannya, kemungkinan yang bermasalah dari provider yang kamu pakai. Lihat tampilan sinyal kamu di ponsel, lalu ada pesan tidak ada layanan. Coba kamu tunggu beberapa waktu sampai jaringan normal kembali.

Jika sudah menunggu lama, tidak normal juga, segera hubungi customer service providernya. Untuk menghubunginya bisa melalui telepon, sosial media, atau forum, tergantung dari layanan provider tersebut.

5. Setelan Pabrik

Kamu sudah hubungi ke customer service provider dan bilangnya sedang tidak ada gangguan. Opsi terakhir dalam penyelesaian ini adalah dengan cara kembali ke setelan pabrik. Sebelum melakukan ini diharapkan untuk cadangkan atau back up semua data yang ada di ponsel agar kamu tidak merasa kehilangan atau rugi saat dikembalikan ke setelan pabrik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami kartu sim tidak ada jaringan. Setiap provider memang sering kali adanya gangguan jaringan, namun kendala tersebut tidak terlalu lama juga. Bisa juga dari device yang kamu pakai antara android atau apple, setelannya berbeda-beda. Semuanya bisa kamu coba satu per satu sampai bisa kembali normal. Terima kasih.